Senin, 15 Oktober 2012

Etika Bisnis Dalam Berbisnis


Etika Bisnis merupakan cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak bergantung pada kedudukan individu atau perusahaan di masyarakat.
Etika Bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting karena untuk membentuk suatu perusahaan yang memiliki daya saing dan memiliki kemampuan menciptakan nilai (Value-Creation) yang tinggi diperlukan suatu landasan yang kokoh serta dilakukan secara konsisten dan konsekuen.
Akan tetapi jika perusahaan tersebut melakukan tindakan yang tidak etis misalnya seperti melanggar etika bisnis maka hal tersebut tetap akan memancing tindakan balasan di kompetitornya maupun konsumen berupa persaingan yang sengit. Sehingga hal tersebut dapat berdampak pada menurunnya tingkat penjualan ataupun citra (image) suatu perusahaan.
Contoh dari pelanggaran dari etika bisnis yaitu, Seperti iklan “E-Juss Ginseng Anggur” yang menyindir “Kuku Bima”. Hal tersebut tidak beretika, karena sebenarnya salah satu kriteria iklan yang baik adalah dapat menarik perhatian konsumen tapi tidak dengan menjatuhkan merk lain.
iklan minuman berenergi:
Pertama-tama, “Laki gak minum rasa-rasa”
Kedua, “bukan rasa rosa”
Waktu pertama-tama bilangnya “laki gak minum rasa-rasa” tapi dia sendiri mengeluarkan produk yang pake rasa, ya meskipun dikedua ia bilang ”bukan rasa rosa” tapi tetep aja itu pake rasa.
            Hal tersebut terjadi karena adanya persaingan produk sejenis di pasaran yang ketat. Perusahaan ingin merebut pangsa pasar dengan sadar atau tidak sadar telah melakukan pelanggaran etika bisnis.
            Cara mengatasinya yaitu tanggapin dengan mengambil manfaat satu sama lain karena dengan adanya “perang iklan” tersebut berarti perusahaan yang satu dengan yang lainnya sedang melakukan promosi dengan mengungkapkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing produk yang dihasilkannya.

Tidak ada komentar: