Senin, 15 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (yang biasa disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,  karyawan,  pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
»              Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Konsumen
Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek tanggung jawab yaitu meliputi :
Tanggung Jawab Produksi :
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping
Tanggung Jawab Penjualan  :
Perusahaan  tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan  pelanggan, dimana ybs diperlakukan sebagaimana mestinya.

Cara Menjamin Tanggung Jawab Sosial Terhadap Konsumen  :
Dapat di lakukan dengan  tahapan sbb. :
1.       Ciptakan Kode Etik
§  Berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara
2.    Memantau Semua Keluhan
§  Hubungi pelanggan apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau lainnya.
§  Cari sumber keluhan dan yakinkan bahwa problem tersebut tidak akan timbul lagi.
3.     Umpan Balik Pelanggan
§  Meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas
§  barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini  tidak ada
§  keluhan a.l dengan mengirim kuesioner.

»              Tanggung Jawab Sosial terhadap Lingkungan
Proses produksi yang digunakan perusahaan juga  produksi yang dihasilkan dapat mencemari atau merusak lingkungan misalnya polusi udara (CO2) yang berbahaya bagi masyarakat  dan polusi tanah akibat sampah/limbah beracun  yang mengakibatkan tanah tidak atraktif dan tidak berguna untuk keperluan lain seperti pertanian     
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi polusi  
o  Perusahaan membatasi jumlah CO2 yang disebabkan oleh proses produksi a.l dengan mendesain peralatan produksi dan  produknya.
o  Merevisi proses produksi dan pengemasan untuk mengurangi jumlah sampah/limbah
o  Menyimpan sampah meracun dan mengirimkannya ketempat pembuangan sampah khusus
o  Mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah yang solid
o  Perusahaan harus memiliki program lingkungan yang dirancang untuk mengurangi kerusakan lingkungan 

Tidak ada komentar: